Kriteria Penilaian

Kriteria penilaian kurasi untuk menjadikan UMKM Anda lebih baik dalam berbagai aspek

Nomor Induk Berusaha (NIB)
Sebagai pemilik usaha, dalam tahap pengembangan usaha anda memerlukan NIB sebagai identitas pelaku usaha. NIB sifatnya wajib bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan izin berusaha melalui OSS.

Sertifikat Merek Dagang
Sertifikat atas kepemilikan Kekayaan Intelektual yang penting untuk melindungi hak kepemilikan suatu merek dagang dan jasa tertentu. Sertifikat ini mencangkup Hak Merek, Hak Paten dan Hak Cipta.

Sertifikat Produksi Pangan - Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)
Sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak yang memiliki kewenangan dan diberikan kepada Industri Rumah Tangga yang telah memenuhi standar keamanan tertentu dalam peredaran produk pangan.

Sertifikasi Halal
Sertifikat yang mengakui bahwa usaha anda sudah menggunakan bahan baku dan cara pengolahan sesuai dengan Syariat Islam.

Nutrition Fact
Sebuah pernyataan yang menyatakan produk anda memiliki kandungan yang aman dan juga memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

BPOM
Perizinan edar suatu produk pangan yang produksi dalam negeri dengan skala lebih besar dari IRT.

Standar Nasional Indonesia (SNI)
Standar Nasional yang digunakan untuk mengukur kelayakan suatu produk yang diproduksi oleh suatu Pelaku Usaha.

ISO
Badan perusahaan penetap standar internasional  yang beranggotakan para wakil badan standardisasi nasional dari setiap negara.

Ada berbagai legalitas lainnya yang bisa anda dapatkan untuk membuat produk anda dipercaya oleh market.

Keamanan produk dan higienitas produk menjadi jaminan bahwa produk Anda layak untuk dijual dan juga dalam kemasan memerlukan informasi mengenai kode produksi, kadaluarsa, identitas merek dan legalitas.

Rasa merupakan bagian paling utama dalam usaha makanan. Perpaduan Rasa yang pasa akan menentukan produk makanan tersebut berkualitas atau tidak.

Produk yang berkualitas harus diimbangi dengan harga yang pas. Harga yang dimiliki harus market fit sebagai perbandingan dari beberapa produk yang sama. UMKM harus juga memiliki nilai lebih dalam produk untuk membuat selisih harga yang pas.

Produksi setiap Pelaku Usaha memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam sekali produksi. Hal inilah yang menjadi tolak ukur UMKM dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Kadaluarsa adalah masa layak konsumsi suatu produk.

Kode Produksi penting dimiliki suatu produk sebagai catatan produksi.

Label yang ada pada sebuah produk yang berisi informasi nutrisi yang terkandung dalam produk tersebut.

Melalui label produk konsumen dapat mengetahui informasi dasar produk tersebut meliputi merk produk, fungsi, kualitas, legalitas atas produk Anda.

Melalui desain produk yang menarik dari perpaduan warna dan keunikan bentuk mampu menambah daya tarik dan daya nilai jual dari produk UMKM.

Fungsi produk atas nilai estetika atau fungsi pakai dapat dinilai oleh konsumen melalui tampilan produk Anda.

Pemilihan bahan berkualitas akan menjadi penentu apakah produk anda juga berkualitas. Pemilihan bahan harus menyesuaikan dengan karakter produk yang akan Anda buat.

Nilai keaslian dari Produk, mampu menjaga kepercayaan konsumen anda. Nilai keaslian dapat dinilai dari apakah produk anda sama dengan produk lainnya dan apakah produk yang anda tawarkan hasil produksi sendiri.

Kesesuaian hasil akhir produk anda dengan kualitas yang diharapkan oleh pasar.

Pemilihan harga harus disesuaikan dengan produk yang anda tawarkan. Harga harus memperhatikan fungsi, keunikan, nilai tambah dari produk yang Anda tawarkan.

Kebutuhan produksi dengan menggunakan tempat yang layak dan berstandar mampu meningkatkan kualitas hasil produksi dari bisnis Anda.

Pemilihan nama yang sesuai, berkarakter dan profesional mampu meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap produk Anda.

Logo adalah sebuah gambar sederhana yang digunakan untuk menjadi simbol brand anda. Logo mempermudah pasar mengingat brand Anda.

Tampilan visual dengan menggunakan kombinasi antara warna, font, penataan layout yang konsisten.

Sebuah kalimat yang menyatakan nilai dari produk atau merek Anda.

Proses pengenalan merek melalui sebuah alunan nada yang sederhana dan sesuai dengan karakter dan nilai merek.

Produk yang baik, adalah produk yang mengerti pasar mereka. Dengan begitu produk Anda bisa dipasarkan dengan cara yang optimal dan efisien.

Proses marketing bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi media sosial yang ada dan bisa menggunakan marketplace untuk meningkatkan penjualan produk.

Proses Marketing dilakukan secara offline dengan memanfaatkan berbagai strategi yang bisa dilakukan seperti, penyebaran brosur, sales, event promosi, billboard dan masih banyak lagi.